Pilih Laman

Banyak orang yang penasaran, berapa harga jual motor gede modifikasi? Apakah harganya akan naik atau malah turun? Pasalnya, tidak semua dealer menerima penjualan motor gede yang sudah dimodifikasi.

Salah satu alasannya yakni karena leasing tidak memperbolehkan adanya pengajuan kredit motor yang sudah dimodifikasi. Jika masih penasaran mengenai berapa harga jual motor gede modifikasi dan tips menjualnya agar laku, simak ulasannya berikut ini:

Apa Itu Motor Gede Modifikasi?

benarkah harga jual motor gede modifikasi akan naik

Menurut istilah, modifikasi berarti adanya perubahan dari bentuk semula. Dengan begitu, motor gede modifikasi yakni adanya perubahan terhadap motor gede tersebut dari keadaan standar bawaan pabrik.

Dengan begitu, modifikasi motor gede sifatnya tidak mengubah keseluruhan bagian motor. Pasalnya, modifikasi pada moge umumnya dilakukan dengan barang aftermarket/ barang jadi, sehingga perubahannya tidak terjadi secara total. Atau, bisa saja sparepart modifikasi tersebut berasal dari sparepart motor jenis lain.

Berapa Harga Jual Motor Gede Modifikasi?

Ketika motor biasa/ regular dengan status second dan ingin dijual, amat disarankan untuk tidak ada modifikasi atau sesuai penampilan standar. Namun, apakah hal tersebut juga berlaku untuk motor gede?

Faktanya, dari banyak kasus, motor gede yang sudah dimodifikasi memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Beberapa dealer moge menerima motor gede hasil modifikasi dan harga jualnya lebih tinggi. Pasalnya, mereka mempertimbangkan biaya modifikasi yang dikeluarkan oleh pemilik sebelumnya.

harga jual motor gede modifikasi kawasaki ninja zx 10 naik

Kawasaki Ninja ZX 10

Misalnya, harga jual motor gede modifikasi Ninja ZX-10 keluaran tahun 2018, dijual dengan harga Rp 535 juta. Padahal, harga standar dari moge tersebut hanyalah Rp485 juta. Adapun komponen moge yang sudah dimodifikasi yakni windshield, velg, footstep, cover radiator, dan jok motor.

Terlebih lagi, komponen tersebut memiliki kualitas nomor satu sehingga harga jualnya bisa jauh lebih tinggi. Contoh lainnya yakni motor MV Agusta yang sudah dimodifikasi bagian velg dan knalpot. Biaya modifikasinya sekitar Rp50 juta.

Meskipun begitu, kebanyakan dealer tidak akan menerima motor gede yang sudah dimodifikasi mesinnya. Modifikasi hanya boleh untuk pemasangan komponen maupun aksesoris motor gede.

Kemudian, jika komponen motor yang dimodifikasi menggunakan part plug and play serta part standarnya masih ada, bisa jadi harga jualnya menjadi tinggi. Namun, apabila motor gede yang dimodifikasi ubahannya tidak plug and play, maka bisa menurunkan harga motor.

Dengan begitu bisa dibilang jika harga jual motor gede modifikasi tidak memiliki patokan yang pasti. Selain kondisi motor gede itu sendiri, harga jualnya bisa saja lebih tinggi jika mempertimbangkan komponen atau aksesoris modifikasi tambahan pada motor gede.

Tips Menjual Motor Gede Modifikasi Agar Harganya Tinggi

Di atas telah dijelaskan tentang harga jual moge yang telah dimodifikasi. Lalu, bagaimana jika ingin menjual moge yang sudah di modif dengan harga yang tinggi? Ini dia penjelasannya:

1. Pastikan Moge Masih dalam Kondisi Baik

Tips pertama yang harus dilakukan tentu saja memastikan jika motor gede modifikasi yang dijual masih dalam keadaan baik. Salah satu komponen yang paling berpengaruh adalah mesin.

Pastikan motor gede tersebut juga memiliki penampilan yang baik sehingga tidak menurunkan harga jual. Selain itu, pastikan surat-suratnya lengkap dan pajak tahunannya terbayar rutin setiap tahunnya.

2. Cari Dealer yang Siap Jual

dealer moge yang jual motor gede modifikasi

Sayangnya tidak semua dealer menerima motor gede yang sudah dimodifikasi. Alasannya beragam, mulai dari kesulitan mencari leasing yang menerima motor gede hingga sulitnya mencari konsumen yang berani membayar motor gede modifikasi dengan harga tinggi.

Namun, jangan berkecil hati karena tetap masih ada dealer yang siap jual motor gede modif. Bahkan, komponen modifikasi bisa jadi alasan harga jual moge tersebut menjadi lebih tinggi, meskipun kendaraan second.

3. Aksesoris Bagus dan Berkualitas

Ketika memodifikasi, pastikan aksesoris atau spare part yang digunakan berkualitas baik. Pasalnya, beberapa dealer masih mempertimbangkan untuk menjual motor gede dengan harga tinggi jika aksesoris modifikasi yang digunakan kualitasnya baik. Jika sebaliknya, ditakutkan akan menurunkan harga jual motor gede tersebut.

4. Modifikasi Tidak Mempengaruhi Fungsi

Motor gede hasil modifikasi memang bisa terjual, namun pastikan tidak memodifikasi mesin maupun bagian motor lain yang dapat mempengaruhi fungsi. Pasalnya, jika mempengaruhi fungsi, maka motor gede tersebut tidak sesuai dengan standar dan akan menjatuhkan harga jual.

5. Simpan Komponen Motor Standar

Memodifikasi motor gede memang boleh saja, meskipun nantinya ingin dijual. Namun, sebaiknya modifikasi moge tersebut bersifat plug and play atau dapat dicopot pasang. Kemudian, pastikan jika komponen standar/ bawaan motornya disimpan agar dapat mempertahankan harga jual.

6. Tidak Melakukan Modifikasi Ekstrem

Salah satu alasan mengapa harga motor gede yang dijual akan turun adalah adanya modifikasi yang ekstrem hingga fungsinya terganggu ataupun penampilannya yang terlalu mencolok. Sebaiknya, lakukan modifikasi yang sifatnya esensial, tidak mengubah fungsi, dan mirip standar.

Itulah ulasan yang menarik tentang harga jual motor gede modifikasi. Adapun harga jualnya memang sangat bervariasi, tergantung dari komponen modifikasi yang dipakai dan seberapa banyak spare part motor yang dimodifikasi.