Pilih Laman

Honda merupakan perusahaan motor yang berbasis di Hamamatsu, Jepang, dengan banyak moge yang dihasilkannya. Salah satunya motor gede Honda RC213V-S, yang disebut-sebut favoritnya pecinta adrenalin. RC213V-S pernah ramai dibicarakan pada 2018, sebab dicoba langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sebenarnya, RC213V-S merupakan replika dari motor untuk balap MotoGP, yaitu RC213V yang pernah dinaiki Marc Marquez. Beberapa saat kemudian hadirlah RC213V-S yang diproduksi massal sebagai prototipe yang dipakai untuk balapan.

Kelebihan Motor Gede Honda RC213V-S

motor gede honda rc213v-s

Kini tidak disangka-sangka, moge besutan Honda ini populasinya semakin bertambah di Indonesia. Meski terbilang langka, tidak hanya satu yang ditemukan di Indonesia, melainkan ada lima. Lebih lanjut tentang moge ini, mari simak pembahasan berikut:

1. Tenaga yang Melimpah

Motor gede Honda RC213V-S dibekali mesin tipe V-4-stroke, dengan DOHC, enam percepatan, 4-valve. Mesinnya berkapasitas 999 cc, sanggup menghasilkan tenaga sampai 157 Tk di 11.000 rpm dan torsi 102 Nm pada 10.500 rpm.

Kemudian sistem pembakarannya memakai programmed fuel injection, artinya sudah terprogram dengan tipe injeksi. Sistem ini dapat membantu penghematan bahan bakar dan mencegah terjadinya panas berlebih pada mesin agar lebih awet. Daya tampung untuk bahan bakarnya mencapai 16,2 liter.

Pada saat pengujian, walaupun kemampuan mesinnya dibatasi, tidak mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Pada trek yang lurus tetap bisa mencapai kecepatan tertentu dengan mudah. Sama halnya saat akselerasi keluar tikungan, tetap effortless namun mendebarkan.

2. Suspensi Ohlins

Motor gede Honda RC213V-S menggunakan sepasang suspensi tipe Ohlins. Perpaduan ini adalah kondisi ideal untuk meningkatkan pengendalian motor sport. Suspensinya didukung rem dengan cakram ganda di bagian depan, cakram tunggal pada bagian belakang merk Brembo berteknologi ABS.

Selanjutnya untuk ban mengusung merk Bridgestone Battlax tipe RS 10. Hasilnya, saat dibuat menikung berkecepatan tinggi bannya terasa menggigit, motor dapat dengan mudah menuruti keinginan pengendara.

Posisi handlebar rendah sehingga posisi ridingnya menunduk, seolah-olah mendorong pengendaranya untuk lebih ganas lagi. Sistem pengereman yang mumpuni bekerja optimal untuk pengendalian motor. Sangat potensial untuk motor berkapasitas nyaris 1.000 cc.

3. Fitur-fitur Unggulan

fitur unggulan motor gede honda rc213v-s

Dari beberapa keunggulan motor gede Honda RC213V-S yang telah dijelaskan sebelumnya, ternyata masih belum cukup. Honda turut menghadirkan beberapa standar yang potensial, sehingga layak mendapatkan predikat sebagai motor versi jalanan untuk MotoGP.

Honda membekali RC213V-S dengan power kit. Paket ini menghasilkan tenaga melimpah, bahkan mencapai 215 Tk. Tidak hanya itu, bobotnya juga dikurangi sampai 10 kg. Artinya, dari bobot asalnya kini hanya menjadi 160 kg.

Pengendara juga dapat mengganti drive rationya. Honda sendiri belum menyebutkan berapa biaya dari kit ini. Namun berdasarkan informasi dari cycleworld, disebutkan jika harga kit di pasar Eropanya saja menginjak angka 200 juta. Memang, terdapat beberapa perubahan yang dilakukan.

Contohnya penambahan lampu untuk plat kendaraan, lampu depan dan belakang, serta sein. Tidak lupa juga spion, knalpot disertai katalis, horn, smart key, speedometer, self starter, serta side stand. Harga jualnya lebih dari 7 milyar, sebab termasuk pajaknya.

Bobot Motor Gede Honda RC213V-S

Jika membicarakan motor moge, umumnya banyak yang berbobot besar, bahkan melebihi 300 kg. Dengan bobot yang demikian besar, perlu ada persiapan matang ketika berkendara. Termasuk tindak pencegahan ketika motornya jatuh, ada teknik khusus untuk mengangkatnya.

Lain halnya dengan motor gede Honda RC213V-S ini. Bobot motornya masih termasuk ringan untuk kelas moge, yakni 170 kilogram (bobot kering). Sangat ideal untuk mesin yang performanya tinggi. Mengapa bobotnya ringan, sebab bodi moge ini menggunakan serat karbon.

Tidak hanya mengurangi bobot, pemakaian serat karbon sebagai bahan pembuatannya juga membuat motor gede ini nyaman dipandang. Bahkan meski tidak sedang digunakan, tampilannya tetap rupawan saat terparkir di garasi. Desain cantik nan agresif ini disebut-sebut masterpiece Honda yang terinspirasi MotoGP.

Dilelang Seharga 3,4 Miliar dan Sempat Dihujat Masyarakat Indonesia

Harga motor untuk MotoGP sudah jelas mahal, namun tidak dipasarkan secara umum karena khusus dibuat untuk digunakan di lintasan balap. Namun, Honda menghadirkan moge langkanya yang cocok untuk lintasan balap, dan dilelang dengan harga tinggi.

marc marquez dengan motor gede honda rc213v-s

Bahkan Marc Marquez sudah memiliki satu unit motor buatan Honda tersebut untuk berlatih jika dirinya sedang cedera. Hal yang membedakan, ada perlengkapan tambahan seperti kaca spion hingga lampu depan.

Sebagai replika yang sangat menyerupai MotoGP dari segi mesin, Honda mencetak rekor sebagai motor termahal yang dilelang. Pada Oktober 2021 lalu, motor yang masih belum pernah dinaiki ini dilelang seharga 27,1 juta Yen, setara 3,4 miliar.

Seperti yang telah diketahui, Honda RC213V-S mengusung harga yang sangat tinggi, bahkan termasuk jajaran produksi termahal Jepang. Namun, cukup banyak masyarakat yang menghujatnya akibat saklar sebelah kiri pada stang motornya.

Saklar tersebut dianggap miring dengan keluaran Honda yang lawas, yatu Supra X. Dimana fungsi dari saklar ini sangatlah sederhana, berkaitan dengan klakson, lampu dim, sein, dan tombol lampu.

Demikian ulasan tentang motor gede Honda RC213V-S yang memiliki beragam keistimewaan. Moge dengan tampilan menarik ini memang belum beredar di pasar umum. Honda tidak memasarkannya secara luas, karena termasuk produk khusus yang langka. Sepadan dengan semua keunggulan yang dibawanya.