Pilih Laman

Mungkin masih ada yang belum paham, apa yang dimaksud dengan motor gede itu? Kebanyakan pasti mengira kalau yang dikategorikan moge itu motor berdimensi besar saja. Meskipun tidak sepenuhnya salah, tapi ada kriteria yang lebih tepat.

Moge jadi salah satu incaran kolektor. Rasanya belum lengkap kalau pecinta otomotif belum menempatkan motor gede di garasinya. Apalagi ada yang harganya sampai ratusan juta. Agar tidak salah lagi, cari tahu tentang moge di sini.

Pengertian Motor Gede

apa yang dimaksud dengan motor gede

Sebenarnya definisi dari moge banyak penafsiran di beberapa negara. Pengklasifikasian motor gede di Indonesia tidak sama dengan orang-orang yang ada di Jepang dan Amerika Serikat. Daripada penasaran apa yang dimaksud dengan motor gede, simak penjelasannya.

1. Definisi Motor Gede di Indonesia

Indonesia jadi salah satu negara yang memiliki pasar moge luas. Banyak pejabat dan para artis yang mengoleksi motor gede. Bahkan ada yang seri langka dengan harga ratusan sampai miliaran rupiah.

Tapi bagaimana pengertian motor gede di Indonesia? Kalau menurut Presdir PT Penta Jaya Laju Motor, yang dimaksud moge itu motor dengan kapasitas mesin di atas 400 cc. Jadi dapat dikatakan termasuk motor-motor gahar cc besar.

Namun lain hal dengan pendapat Head Sales & Promotion dari PT Kawasaki Motor Indonesia. Michael Chandra Tanadhi mengatakan kalau suatu kendaraan dinamakan moge apabila mesinnya 609 cc ke atas. Kriteria ini lebih tinggi dari sebelumnya.

Memang banyak perbedaan dari definisi motor gede. Di Indonesia juga tidak ada aturan baku suatu motor bisa disebut moge. Hanya saja paling umum yang dipahami bahwa kategori motor besar ini jika punya cc minimal 250.

Hal tersebut juga yang didefinisikan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia. Motor 250 cc ke atas itu termasuk dalam barang mewah dan kebanyakan dibeli oleh golongan elite. Untuk masuk Indonesia saja terkena PPnBM sampai 60%.

2. Definisi Motor Gede di Jepang

Lain Indonesia, beda lagi dengan Jepang. Negara tersebut juga mempunyai definisi tersendiri mengenai motor gede. Bukan dilihat dari bodi motor atau suara gaharnya saja. Tapi Jepang memiliki aturan umum mengenai kriteria ini.

apa yang dimaksud dengan motor gede yamaha yzf r25 moge jepang

Sebagai produsen motor terbesar, Jepang ikut menyuarakan perihal pengertian moge. Di sana yang dimaksud moge itu jika memiliki mesin yang mengeluarkan tenaga minimal 35 horse power (HP). Jadi, bukan lagi menggunakan patokan cc.

Contohnya Yamaha YZF-R25 berkapasitas 250 cc dan tenaga 35,5 HP. Di Jepang ini bisa disebut moge karena punya tenaga di atas 35 HP. Tapi beda dengan Honda Forza berkapasitas mesin sama, tapi tenaganya 23,19 HP.

3. Pengertian Motor Gede di AS dan Italia

Dua negara, yakni Amerika Serikat dan Italia memiliki definisi yang sama mengenai motor gede. Di sana juga sama seperti Indonesia yang melihat moge berdasarkan kapasitas mesin. Tapi AS dan Italia mempunyai aturan baku dalam penyebutannya.

Yang dimaksud motor gede di sana itu jika kapasitas mesinnya 600 cc ke atas. Tentunya yang termasuk adalah motor-motor bertenaga besar dan suara gahar. Moge berkapasitas mesin diatas 600 cc juga punya kecepatan tinggi.

Ada beberapa contoh motor yang dapat disebut sebagai motor gede di AS dan Italia. Contohnya yaitu moge milik Harley Davidson seri Road Glide Ultra. Motor jenis touring tersebut mempunyai kapasitas mesin sampai 1868 cc.

Kriteria Motor Gede

Dengan tiga definisi di atas sebenarnya sudah bisa diketahui bagaimana kriteria motor gede. Tapi ada kriteria lain yang sangat erat kaitannya dengan moge. Inilah penjelasannya:

  • Berkapasitas mesin besar. Kriteria motor gede yang paling umum adalah punya kapasitas mesin besar. Rata-rata yang jadi patokan yaitu mesin 250 cc ke atas. Hal ini selaras dengan performanya yang bagus dan kecepatan tinggi.
  • Harganya mahal. Sudah jadi hal umum kalau motor yang kubikasi mesinnya tinggi juga dijual dengan harga selangit. Yang paling murah saja harganya sampai Rp30 juta. Jadi, tidak salah berpendapat yang dimaksud moge itu motor mahal.
  • Bodinya besar. Saat mendengar moge pasti yang diperkirakan pertama kali adalah bodinya yang besar. Walaupun tidak bisa dibenarkan, tapi juga tidak sepenuhnya salah. Karena untuk kendaraan mesin tinggi itu bodinya juga besar.

Contoh Motor Gede

apa yang dimaksud dengan motor gede salah satu contohnya triumph speed twin

Triumph Speed Twin

Agar lebih paham tentang yang dimaksud motor gede, bisa lihat contoh yang ada di pasaran. Banyak sekali moge yang masuk Indonesia. Inilah beberapa contoh motor gede beserta kapasitas mesin dan harganya:

  1. Royal Enfield Hunter 350: Motor klasik bermesin 350cc (Rp 27,9 juta).
  2. Triumph Speed Twin: Mesin 909 cc dengan harga Rp 345 juta.
  3. Honda CMX500 Rebel: Motor 471 cc yang paling laris di Indonesia dan dijual sampai Rp 158 juta.
  4. Harley Davidson Street 500. Moge seharga Rp 273 juta dan punya mesin dengan kubikasi 494 cc.

Jadi, sudah tidak bingung lagi bukan apa yang dimaksud dengan motor gede itu? Secara umum moge itu yang punya kapasitas mesin 250 cc ke atas. Meski negara lain memiliki kriteria berbeda dalam menyebut motor gede.