Pilih Laman

Motor no paper tengah jadi perbincangan bagi pecinta moge. Meski dinilai ilegal, ternyata masih banyak yang membelinya. Pertanyaannya, apakah aman beli motor gede no paper itu? Karena kendaraan tersebut dibeli tanpa surat yang lengkap.

Di Indonesia sendiri masih banyak yang membeli motor gede no paper. Alasannya juga beragam, mulai dari soal biaya dan penggunaan. Tapi sebagai pertimbangan mengenai moge satu ini, bisa lihat penjelasan berikut.

beli motor gede no paper

Pengertian Motor Gede No Paper

Motor gede no paper atau NP adalah kendaraan ber-cc besar yang tidak dilengkapi dengan surat-surat. Sering dikatakan pula sebagai moge bodong atau yatim piatu. Karena memang saat membelinya tidak menerima STNK dan BPKB.

BPKB merupakan dokumen yang membuktikan kepemilikan kendaraan bermotor. Buku ini harus disimpan di tempat aman karena termasuk benda berharga. BPKB bisa digunakan sebagai jaminan di lembaga keuangan.

Sedangkan STNK adalah surat yang menunjukkan identitas kendaraan. Surat inilah yang harus dibawa bersamaan dengan motor. Setiap tahunnya STNK disahkan dengan cara membayar pajak.

Motor gede bodong tidak dilengkapi dengan kedua surat tersebut. Tapi ada juga yang menyertakan satu dokumen saja. Misalkan hanya menerima STNK saja, namun tidak dengan BPKB atau sebaliknya.

Di Indonesia sendiri, motor gede no paper tidak bisa dianggap sebagai kendaraan yang legal. Sebab semua kendaraan bermotor wajib punya STNK dan BPKB. Terlebih lagi moge termasuk dalam jenis kendaraan mewah ber-cc besar.

Alasan Membeli Motor Gede No Paper

Meskipun tanpa surat-surat, ternyata masih banyak orang Indonesia yang ngeyel beli moge no paper. Padahal sudah jelas kalau tanpa surat tersebut dianggap tidak legal. Apalagi moge diimpor dari luar negeri.

Ada berbagai alasan yang membuat orang-orang pilih beli motor gede no paper. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Moge Digunakan Untuk Balapan

motor gede no paper salah satunya motor gede untuk balapan

Ternyata juga ada motor gede yang memang dari pabrikannya dihadirkan secara no paper. Jadi memahami disengaja tidak ada surat sama sekali. Biasanya ini untuk jenis moge yang dipakai untuk balapan.

Motor-motor off road kebanyakan menang tidak punya kelengkapan surat. Bagaimana bisa begitu? Karena dari desainnya saja hanya diberi dudukan plat nomor, spion, dan tidak ada lampu.

Orang-orang yang suka balapan dengan motor cc besar biasanya memilih beli moge bodong. Tapi kalau di jalan raya, wajib menggunakan motor yang full paper. Surat-surat menunjukkan bahwa motor yang dipakai itu legal.

2. Harganya Jauh Lebih Murah

Alasan selanjutnya adalah ingin tampil keren dengan moge yang harganya lebih murah. Bagi orang-orang yang minim budget, motor gede no paper dijadikan pilihan. Tidak peduli apakah caranya itu legal atau tidak.

Moge bodong pun sebenarnya sudah marak di tahun 90-an. Alasannya juga sama, yakni harganya jauh lebih murah. Karena masuk dari jalur yang tidak resmi, maka tidak perlu bayar pajak kendaraan mewah.

Selain itu, moge bodong lebih murah karena ada yang datang dalam bentuk komponen. Selanjutnya pemilik merakitnya di bengkel khusus untuk motor gede. Lain hal dengan moge resmi dari dealer yang mahal dan dapat surat lengkap.

3. Proses Mendapatkan Moge Lebih Mudah

Alasan kenapa pilih moge bodong adalah lebih mudah mendapatkannya. Karena datang secara ilegal dan tanpa surat, tidak ada proses izin seperti motor gede biasanya. Apalagi prosesnya izin itu sangat panjang.

Pertama kali harus minta tanda pendaftaran tipe ke Departemen Perindustrian. Lalu bayar bea jika masuk Indonesia. Kemudian ke Departemen Perhubungan untuk memohon Surat Uji Tipe. Masih ada proses lain hingga dapat STNK dan BPKB.

Bagi orang yang tidak mau repot, proses tersebut tentunya menyusahkan. Jadi solusi keluarnya beli motor gede bodong. Tidak peduli itu resmi atau tidak.

Apakah Beli Motor Gede No Paper Itu Aman?

apakah aman motor gede no paper

Sekarang pertanyaannya, apakah aman beli motor gede no paper? Sebenarnya ini melihat pada alasan kenapa membeli moge bodong tersebut. Karena jika hanya untuk koleksi atau balapan saja, tentunya tidak masalah.

Tapi meski begitu, tetap yang paling aman adalah beli motor gede full paper. Karena selain resmi dari dealer, juga dapat surat-surat lengkap. Memiliki moge dengan kelengkapan surat pun tidak perlu was-was saat ada di jalan.

Motor yang tidak punya kelengkapan pasti memberikan dampak buruk. Petugas polisi bisa saja menahannya karena tidak dapat menunjukkan STNK dan BPKB. Apalagi pemerintah terus gencar menertibkan motor mewah ini.

Efek lainnya yaitu dapat dianggap sebagai penadah dari hasil curian. Mengapa demikian? Karena kendaraan yang didapatkan dengan cara mencuri itu tidak memiliki kelengkapan surat. Tentunya ini lebih merepotkan lagi.

Jadi, dengan alasan tersebut, bisa disepakati kalau membeli moge bodong atau no paper itu tidak aman. Kalau ingin menggunakannya sehari-hari di jalan raya, wajib memiliki STNK dan BPKB. Karena keduanya menjadi syarat wajib di Indonesia.

Itulah jawaban dari apakah aman beli motor gede no paper. Karena tidak punya surat lengkap, memiliki moge bodong bisa mendatangkan beberapa masalah. Entah itu digunakan untuk balapan maupun on road.