Pilih Laman

Apakah NMax termasuk motor gede? Ini merupakan hal yang sering ditanyakan sejak peluncurannya pada 2015 lalu. Banyak orang tertarik perhatiannya karena skutik bongsor ini menghadirkan kenyamanan serta desain yang lebih mewah dan keren dibandingkan pendahulunya.

Skutik premium ini dicintai banyak bikers sebab mengusung harga terjangkau. Dengan 30 jutaan, sudah bisa mendapatkan kendaraan gagah ini. Namun yang sering menjadi perdebatan adalah apakah NMax ini masuk kategori moge atau tidak?

Apakah NMax Termasuk Motor Gede?

apakah nmax termasuk motor gede

Citra moge di Indonesia erat dengan gambaran kendaraan yang mewah dan eksklusif. Artinya, tidak banyak orang yang bisa membeli dan menggunakannya. Hanya beberapa saja yang sanggup mendapatkannya. Ini juga berlaku untuk NMax yang mengusung harga 30 jutaan.

Cicilannya bisa dilakukan mulai 1.49 sampai 3.2 juta per bulannya, tergantung dengan kesanggupan pembeli. Dari segi tampilannya memang terlihat mewah sekaligus gagah. Rem bagian depannya memakai disc, dengan kapasitas 155 cc.

NMax termasuk kategori scooter, dengan opsi start yang dapat dilakukan secara elektrik. Ada dua tipe dari NMax, yaitu standar dan ABS. Perbedaan harga dari keduanya sekitar dua jutaan saja. Tenaga maksimal yang dapat dicapai adalah 15 hp.

Meski demikian, sebenarnya NMax tidak termasuk moge karena bisa dilihat dari mesinnya yang berkapasitas 155 cc saja. Memang banyak yang keliru mengiranya sebagai motor gede karena berbagai fitur yang serupa dengan moge.

Fitur Andalan Nmax

yamaha nmax 155 masuk dalam pertanyaan apakah nmax termasuk motor gede

Yamaha masih membuktikan dirinya sebagai produsen motor yang gencar mengeluarkan teknologi terbaru dan beragam. Harganya pun sangat bervariasi sehingga banyak orang bisa menjangkaunya. Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki NMax sehingga disebut serupa dengan motor gede:

1. TCS

Traction control system merupakan fitur standar untuk motor dengan mesin yang besar. Fungsinya yakni menjaga traksi pada roda sehingga tidak terjadi selip ketika berakselerasi (buka gas). Sangat bermanfaat jika melalui jalanan yang licin hingga berpasir.

Cara kerjanya yakni membaca putaran pada kedua roda melalui sensor. Jika putaran keduanya tidak sinkron, ECU akan mengirimkan tenaga hingga mendapatkan traksinya kembali. Ketika TCS aktif, motor terasa seperti tersendat gasnya dan ini normal.

2. Kunci Model Keyless

Fitur ini juga mengarah kepada pertanyaan apakah NMax termasuk motor gede. Sebab, kunci keyless sudah banyak digunakan oleh moge. Cukup dengan membawa remote keyless ini lalu memutar knop kunci kontak. Dengan begitu, motor sudah siap untuk dikendarai.

3. Tombol menu

Berikutnya ada pengaturan layar digital di speedometer, praktis karena tidak perlu menekan-nekan tombol. Tombol menunya bisa langsung menunjukkan tampilan informasi di setang kiri bagian depan. Cukup sekali pencet untuk melihat berbagai informasi seperti fuel, voltmeter, trip, dan lain-lain.

4. Communication Control Unit

Bekal fitur lainnya yang tidak kalah keren adalah teknologi CCU yang langsung terhubung ke smartphone melalui aplikasi Y-connect. Pengendara bisa menghubungkannya melalui Bluetooth. Jika sudah terhubung, bisa melihat informasi secara lengkap. Contohnya menunjukkan lokasi terakhir parkir motor.

Beberapa Rekomendasi Motor Gede dari Yamaha

Sebelumnya telah dibahas jawaban dari pertanyaan apakah NMax termasuk motor gede. Banyak orang keliru mengiranya sebagai motor gede karena desain mewah serta bodinya yang gahar. Kali ini akan dibahas berbagai rekomendasi motor gede lainnya yang diproduksi oleh Yamaha:

1. All New Yamaha R1

Motor gede ini mengusung desain yang sepintas terlihat rumit, namun tidaklah berlebihan dan justru menambah kesan gagah. Tampilannya sporty, menggunakan perpaduan warna merah, putih, hitam, dan sedikit corak emas yang membuatnya tampak segar.

Dibekali mesin berkapasitas 998 cc, R1 bisa menghasilkan tenaga tertinggi hingga 147.1 kW pada 13.500 rpm. Kemudian torsi maksimalnya bisa sampai 112.4 Nm. Mesin moge ini ditenagai empat silinder segaris, dimana semua silindernya dilengkapi injektor.

Sebenarnya mesin tersebut merupakan adaptasi dari varian YZR-M1 yang umum digunakan untuk ajang motoGP. Tentu menghasilkan performa powerful dengan tenaga halus dan merata di putaran mesinnya. Harga motor ini ada di kisaran 605 juta.

2. R25 Movistar

r25 movistar dalam pembahasan apakah nmax termasuk motor gede

Banyak anak muda menggemari R25 Movistar. Selain karena kapasitas mesinnya yang mencapai 250 cc, juga tampilan segar yang terlihat pada desainnya. Perpaduan biru tua serta corak putih dan kuning, ditambah bodi yang besar membuatnya terlihat mencolok.

Torsi maksimal yang dapat dicapainya adalah 22.6 N, dibekali sistem pembakaran berupa fuel injection. Ditambah dua katup silinder, lampu LED di beberapa sisi, hingga enam sistem transmisi. Moge ini bisa didapatkan dengan harga kisaran 58 juta.

3. Yamaha R6

Ingin mencari motor gede yang berada di kelas menengah, tidak terlalu mahal atau murah? Yamaha R6 bisa menjadi jawabannya. Dapur pacu motor gede ini berkapasitas 599 cc, sangat memadai untuk perjalanan jauh. Tenaga maksimumnya 91 kW di 14.500 rpm.

Rem depannya memakai hydraulic dual disc, dan single disc untuk yang belakang. Yamaha menetapkan harga 270 juta untuk varian ini. Menggunakan suspensi upside down serta knalpot titanium, DOHC, hingga liquid cooled, sangat menjanjikan untuk harga di bawah 300 juta.

Dengan demikian, apakah NMax termasuk motor gede? Jawabannya bukan, namun memang kendaraan besutan Yamaha tersebut mengadaptasi beberapa fitur yang dimiliki oleh moge. Sehingga menghadirkan kesan berbeda dan pengalaman baru menaiki motor dengan fitur canggih.